Senin, 23 Juni 2014

a little words or maybe a lots..






Eligible things to say
 
aku sering ngerasa tertekan bila banyak sekali orang yang nggak bisa atau nggak boleh kuliah di jurusan yang tentang seni gitu trus mulai bilang : "kamu beruntung, aku pengen kuliah di seni tapi,nggak boleh sama ortu" trus kemudian mulai lagi bilang : "tapi nggambar nggak perlu harus kuliah,titel cuma tempelan…nggambar bisa dipelajari di tumblr, google, internet, buku-buku tentang illustrasi dan sebagainya dan sebagainya tapi kuliahku kan enggak bisa yaa.. dsb..dsb„" aku nggak tau aku cuma ngerasa tertekan dengan semua itu meski mereka ngomongnya nggak kasar, yahh… nggak tau kenapa aku selalu mikir bahwa arti dari perkataan mereka adalah 'aku nggak kuliah seni tapi nggambarku lebih jago dari kamu lho, dan aku udah bisa ngasilin duit sendiri nih, yaah nggambar-nggambarin orang misalnya' bener atau salah, aku selalu mengartikan pemikiran mereka itu seperti itu. ditambah lagi banyak yang bilang anak seni itu sok-sok an aja kuliahnya, liat mereka nggak pernah rapi dan teratur kalo pergi ke kampus. kalian, tolong saya sudah mau nangis ini,..nggak semua mahasiswa seni itu sok sok an, nggak semua mahasiswa seni itu acak-acakan…tau nggak, setiap ada matkul menggambar kita harus beli kanvas gede-gede, untuk menggambar model, belum lagi peralatan-peralatan lain yang menunjang untuk kuliah, semua itu mahal.
saya kadang juga heran, kenapa ya banyak yang bilang : jangan liat orang dari luarnya, jangan ngejudge orang dari sampulnya, tapi disana masih jelas kamu-kamu terlihat uncontrol dengan perlahan menjauh dari orang yang mungkin dari luar terlihat slengekan dan terlihat nggak ngurus diri sendiri.
biasanya bagi anak seni atau siapapun itu, yang merasa bahwa karya adalah segalanya, dia akan menomor satukan karya dibanding hal apapun, PENAMPILAN? penampilan itu nomor ke sekian sekian sekian… kalo udah sukses dan penghasilan layak, kita mungkin baru bisa ngurus penampilan…kita terpaksa mikir penampilan juga mungkin kalo ada presentasi matkul, atau TA, mungkin kita bisa belajar rapih-rapihan dalam berbusana, tapi ya itu, enggak semua orang yang kuliah di seni terlahir kaya, enggak semua berlatar belakang punya gdget dan bisa beli ni itu.
kalian, yang jago nggambar meski bukan di kuliah seni tolong, tolong hargai perasaan kami yang kuliah di seni, mencurahkan segala waktu di masa muda mempelajari seni. karena seni enggak cuma menggambar, karena seni enggak cuma gambar dan bagus dan banyak peminatnya. kami juga belajar banyak hal yang nggak ada di google dan kadang harus beli buku impor dan mati-matian nerjemahin sendiri buku itu karena mungkin nggak kuat untuk nerjemahin buku di rental an..
kalo kalian suka gambar ya udah, tapi ..kenapa sih harus ..yah harus bilang kalian iri sama kita, aku nggak cocok bikin kamu iri…
kalo kamu mau ngerti tentang seni ya aku bersedia kok ngejawab pertanyaan kamu, apapun tentang seni…selama aku masih bisa jawab,aku ya bakal jawab pasti. 
buat kamu yang jago gambar tapi enggak kuliah di seni, salut salut salut salut..
di google memang banyak kok referensi, kita juga nyediain referensi kalo kamu mau,…mungkin kita bisa kerja sama? dalam suatu proyek mungkin?
nggak semua mahasiswa yang kuliah di seni itu santai,nggak semua yang kuliah di seni itu orangnya sombong, nggak semua orang yang kuliah di seni itu nggak pedulian…
from my deepest heart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar